Beranda | Artikel
INGIN BISA GEMUK
Minggu, 17 April 2022

Dokter, saya wanita 23 tahun, tinggi badan 155 cm, berat badan 40 kg. Saya terlalu kurus. Dokter, saya ingin bisa gemuk. Apa yang harus saya lakukan atau dokter ahli apa yang harus saya hubungi?

Ana, Bekasi

JAWAB: Ukhti Ana, mudah-mudahan Anda tidak gelisah untuk berharap menjadi gemuk. Mari kita hitung dulu indeks massa tubuh Anda dengan rumus yang sudah disebut dalam masalah di atas. IMT dari data Anda adalah : 40kg/ (1,55)m2 = 16,649 kg/m2. Jadi berat badan Anda bukan termasuk berat badan ideal dan memang cenderung kurus.

Untuk bisa gemuk, memang tidak membutuhkan ketaatan dalam hal pola makan seperti halnya mengurangi berat badan, namun tetap diingat, makan tidak dianjurkan untuk berlebihan. Dan sebaiknya tetap makan sesuai pola yang benar dan bergizi tinggi.

Susu segar sangat baik untuk kondisi ini. Kalau tidak ada, bisa diganti susu full cream milk kemasan. Diusahakan untuk minum 2 kali tiap hari. Olah raga ringan tetap dianjurkan. Pilihlah makanan dengan kalori tinggi, sehingga efektif untuk simpanan energi dalam tubuh. Apabila pemasukan kalori dari makanan melebihi kalori (energi) dari aktivitas Anda tiap hari, insya Allah berat badan bisa naik.

Kami sarankan untuk menghindari obat-obatan, baik penambah maupun pengurang berat badan (pelangsing tubuh). Yang harus diperhatikan, tubuh gemuk atau kurus, terkadang berkaitan dengan gen seseorang ataupun keturunan, sehingga usaha apapun yang dilakukan, mungkin tak akan membuahkan hasil. Wallahu a’lam.

Rubrik dokter Anda Menjawab di asuh oleh dr. Ira Enjang T. Bagi anda yang mempunyai permasalahan kesehatan silahkan kirim kepada alamat redaksi Baituna, atau telp. 08156750355

Majalah As-Sunnah Edisi Khusus/Tahun IX/1426H/2005M

 


Artikel asli: https://majalahassunnah.net/baituna/ingin-bisa-gemuk/